Jumat, 28 April 2017

Manfaat jaga pandangan.

Salam sahabat muslim!
Apakabar semuanya nih,, baik kan? semoga ajah pada baik ya...
Diepisod kali ini (weeh,, episod euung!!66) saya akan membahas mengenai godhul bashor.Ghodhul bashor atau jaga pandangan adalah salah satu kewajiban kita sebagai manusia lho!
Mata kita merupakan titipan dari Allah SWt,, harus dipergunakan sebaik-baiknya.Karena ia(mata kita itu) akan dipinta pertanggung jawabannya diakhirat kelak.Apa saja hal yang kamu lihat saat didunia ?.Itu salah satu pertanyaannya.Nah sahabat,, apa yang kalian akan jawab saat diberi pertanyaan seperti itu.Saya mah mau jawab dengan sebaik-baiknya jawaban dong! meskipun saya tidak melakukannya.Maksudmu berbohong? oh,, maaf, hal itu tidak bisa dilakukan saat nanti.Karena pada saat nanti, Allah, akan mengunci mulut rapat-rapat, sehingga mulut kita tidak bisa berbicara.Lalu siapa yang akan menerangkan apa-apa tentang kita saat dulu kita didunia?.Nah pertanyaan yang bagus sob!.Yang akan menceritakan perbuatan kita saat didunia adalah semua yang Allah, titipkan kepada kita.Contoh yang dititipkan oleh Allah, yaitu: Telinga, hidung, kaki, tangan, baju, uang, kaki, bahkan mata.Sebetulnya banyak sekali titipan Allah.
Nah sob! saya hanya akan menjelaskan tentang godhul bashor ajah yah,,
Disini ada point manfaat dari godhul bashor.
1.Hati merasa lebih tenang.
Allah SWT, telah menyuruh kita untuk menjaga pandangan.Hal ini Allah firmankan didalam surah an-nur:30.Dan kita sebagai ciptaan-Nya wajib menuruti apa yang diperintahkan oleh sang Pencipta.Ya,, kita harus menjaga pandangan kita!
Perlu diingat bahwa apa yang diperintahkan oleh-Nya akan bertampak positif terhadap diri.Jadi tidak mungkin jika Allah, akan mencelakakan kita.Malahan orang yang melanggar perintah-Nya akan mendapatka adzab dari Nya.Naudzubillah..
Oke sahabat! mengapa saya katakan bahwa dengan jaga pandangan hati akan tenang? Jawabannya simpel, 'karena saya melakukan apa yang Allah perintahkan'.Dengan itu hati akan tenang.Seperti ini, bayangkan saja jika kamu disuruh oleh ibumu pergi kewarung untuk beri garam dapur.Ibumu menyuruhmu hanya membeli 2 bungkus garam, tapi kamu malah membeli 5 garam.Padahalkan ibumu sudah mengingatkanmu sebanyak-banyaknya peringatan.Jadi kira-kira disini siapa yang salah?.Maka, timbulah beberapa pertanyaan.Apa yang kamu lakukan saat ibumu memberikan peringatan? apakah kamu tidak mengerti apa yang diucapkan oleh ibu? bla...bla..bla...,, dan itu semua membuat keadaan hati kita tidak tenang.Nah jadi,, untuk menghasilkan hati tenang itu dengan cara menuruti apa yang diperintahkan oleh-Nya.Allah, telah memerintahkan kita untuk jaga pandangan, maka kita harus menurutinya.Oke?
2.Menjauhkan diri dari dosa.
Pernah gak sih suka sama orang berawal dari tatap? Aeeeh...!meuni sosweaaat! Eh..Eh...abis itu pake acara senyum-senyuman lagi,, Ahay.kalau udah gini brabe nih.gaswat!.Kenapa?.Rata-rata anak muda zaman sekarang itu, kalau ditanya kenapa kamu suka sama dia pasti jawabannya gini 'gak tau,, suka ajah.ngerasa gimana gitu..'.Aduh, kalau suka sama seseorang harus jelas dong kenapa, dari mana, karena apa, mau kemana, manfaatnya apa, ujungnya pun.. gak tau.Terus kalau udah gitu berstatus "sad ending", bikin status diFb, nangis bombay.Itukan menyedihkan banget.Taunya waktu hidupmu terus mengurang sedangkan kualitas yang ada didalamnya tidak bertambah.Hanya diganjal sebuah kekecewaan yang seharusnya tidak perlu untuk direspon.cukup diabaikan saja.Belum tentu juga kan dia selalu inget kamu?.
Nah! hindari hal diatas ya sob! jangan biarkan waktumu terbuang begitu saja.Setuju?
3.Tidak ada istilah PHP.
Haha! kata itu kerap membanjiri anak-anak remaja zaman sekarang ya sob! istilah status "kamu PHP.." seperti daun-daun yang berserakan gitu.
PHP atau pemberi harapan palsu itu dari mana sih?
Sempat saya bertanya kepeda teman saya yang berpacaran.Memangnya kamu percaya sama pacarmu itu?.Ya,, gimana ya, kurang sih.tapi gak tau kenapa kalau natep mata dia itu rasanya tenang gitu... gak tau kenapa.Nah bisa saja rasa tenang itu bukan dari Allah, bukannya Allah sudah berfirman tentang tidak diperbolehkannya menjalini sebuah hubungan yang belum sah akan tali pernikahan.Bukankah jika melakukan hal itu dosa?.Yang dirasakan oleh anak-anak yang berpacaran sekarang ini hanyalah nafsu belaka, tak menghasilkan manfaat.Tak ada gunanya.
Eh,, bentar ini malah kemana-mana lagi.jika kamu pengen tau mendalam soal percintaan coba klik ini.Aku jomblo berkualitas, bilang no buat pacaran!.
Oke lanjut pembahasan.Kesimpulan dari cerita teman saya diatas.
Sebetulnya Allah ingin jika hambaNya tidak diPHP kan.Allah SWT, telah memberi usulan agar kita tidak saling bertatapan lama dan membawa rasa dengan lawan jenis.Itu termasuk zina mata yang akan menjerumuskan kedalam kesesatan.Karena boleh jadi dengan tatapan itu ia berbohong kepadamu.ia meyakinkan bahwa dirinya akan setia oleh tatapan.Waktu dihp dia gak measa meyakinkan.tapi waktu ketemu lagi dan bertatapan, dia ngeyakinin lagi.Anehkan? nah! berarti ada unsur berbohong dari mata.Makanya hindari tatapan yang mendekati zina itu,, sebelum kamu diPHP in..,,setuju?
4.Hemat uang.
Hehe! kok hemat uang sih? gimana ceritanya?,, nah sob godhul bashor itu artinya luas loh! bukan berarti kita hanya menjaga pandangan dari manusia saja, tapi kita juga dapat menjaga pandangan kita dari hal-hal lainnya, salah satunya nih ya sob, dari hal boros..! hhe.
Pernah gak sih sob kalau udah ada ditempat belanja mata kita jelalatan.Alhasil, yang ini pengen dibeli, itu pengen dibeli, yng sono juga, apalagi situ.. welleeeh...
Tapi kebanyakan yang gini sih kaum hawa, atau cewek.Laki-laki kayaknya jarang deh.Kecuali yang terbilanga fashionnable and trandy gitu deh..
Nah sob,, saya hanya ingin berbagi ilmu tentang cara agar mata kita gak jelalatan saat ditempat-tempat gituan.
Pertama, sebelum ketempat tujuan, list apa yang akan kamu beli.
kedua, jika sudah sampai ditempat tujuan langsung cari barang yang kamu butuhkan.Jangan mampir-mampir kemana dulu ya sob!
ketiga, jika semua daftar belanjaan sudah terpenuhi segera kekasir.ingat! jangan mampir-mampir kemana dulu ya sob!
Ya istilahnya begitu sob!

Wah..wah,, gimana? udah mau godhul bashor sekarang? oke sob! mungkin segitu ajah artikel kali ini.Aye harap ni artikel bermanfaaat.
Tapi sebelumnya saya ingin menambahkan sedikit, Nah kan tadi saya mengajak sahabat untuk menjaga pandangannya yah? ada tambahan bahwa ini semua bersangkutan dengan niat.Kita harus tau untuk apa kita godhul bashor, kita harus tau manfaat darinya.sebetulnya banyak sekali manfaat godhul bashor.Cuman saya hanya mengambil beberapa.
Kita tidak hanya menjaga pandangan mata ajah, tapi hati juga.karena diantara keduanya ada sangkutannya.Oke,, jadi kesimpulannya.. keep hamasah for kep the view and keep the heart.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar